Selasa, 09 Februari 2010

Rabu 10 Februari 2010


Guru Standarkan Kompetensi

BREBES - Menjelang Ujian Nasional (UN) 2010, peningkatan belajar tak hanya melulu kepada siswa semata. Guru juga perlu menyesuaikan dengan tuntutan standar kompetensi kelulusan. Dalam rangka meningkatkan standar kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kabupaten Brebes menggelar ’Bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL)’ di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes Senin (10/2).

’’Tujuan bedah SKL ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia SMP sebagai persiapan menghadapi UN," tutur Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Brebes Basuki SPd. Dikatakan dia, dengan bedah SKL guru akan bisa mengkukur diri dan kompetensinya dalam mentransformasi materi kepada murid. Sehingga dalam UN nanti siswa sudah bisa mengukur soal ujian. ’’Ini merupakan strategi dan konsep guru menghadapi UN," tandas guru SMP 3 Kersana tersebut.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 90 guru Bahasa Indonesia SMP dari seluruh Kabupaten Brebes tersebut, diundang sebagai pembicara adalah Drs Suheri. Guru SMP 162 Jakarta tersebut, kata Basuki, adalah salah satu penyusun soal UN Bahasa Indonesia tahun 2010. ’Beliau yang akan memberikan materi strategi guru dalam mempersiapkan standar kompetensi lulusan Ujian Nasional," ujar dia. (rbu10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar